F.A.Q – Frequently Ask Question – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

faq-01


F.A.Q – Frequently Ask Question – Pertanyaan Yang Sering Diajukan


Download Materi F.A.Q – Elig di sini

Apa itu Elig Brake Expert ?
Elig adalah produk yang diciptakan dengan melalui berbagai proses riset dan pengembangan R&D – Research & Development dengan teknologi E.F.T  yang telah dikembangkan sejak tahun 1998. Produk Elig meliputi: Kampas rem, sepatu rem, kopling ganda, kampas kopling, piring cakram dan produk lainnya yang berhubungan dengan sistem pengereman dan komponen friksi lainnya pada kendaraan; Motor, mobil & sepeda.

faq-02

faq-03

Apa itu EFT ?
Elig Friction Technology adalah teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas suatu bahan friksi dengan menggunakan formulasi khusus untuk menciptakan material  berkualitas  dari hasil integrasi ketiga Negara: Japan, USA & Taiwan.

faq-04

Elig berasal dari mana /  buatan mana ?
Elig berasal dari Negara Taiwan dengan 2 lokasi pabrik besar yang terletak di Taiwan & Vietnam.
Setiap fasilitas produksi Elig telah memiliki sertifikasi: ISO9001 & TS16949.

faq-05

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu organisasi yang telah mendapatkan akreditasi ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk / jasa yang dihasilkannya.

TS 16949 adalah standar sistem manajemen mutu internasional yang secara spesifik ditulis oleh industri otomotif terkait atas kesepakatan bersama untuk memberikan jaminan integritas terhadap penyediaan material untuk kebutuhan perakitan unit kendaraan pada industri terkait.

Elig memberikan supply kepada berbagai industri otomotif terkemuka, diantaranya adalah:

faq-06

Apa sih perbedaan Elig dengan kampas rem pada umumnya?  Sebelumnya, mari kita bahas bahan material kampas rem yang banyak beredar dilapangan, sebagai perbandingan:

Bahan Penyusun Kampas Rem

faq-07

Untuk membuat kampas rem lebih lunak tanpa menghilangkan daya gesek, maka kampas rem dibuat dari beberapa komposit bahan. Beberapa bahan penyusun kampas rem adalah;

  1. Bahan Asbes: Bahan penyusun kampas rem yang pertama adalah asbes. Dahulu, bahan asbestos ini sangat populer sebagai bahan kampas rem. Hal itu dikarenakan bahan asbes memiliki karakteristik yang cukup baik dengan harga murah, namun dimulai pada tahun 1980-an, Health Conscious Scandavians menyatakan pelarangan komponen berbahan asbes karena membahayakan kesehatan manusia. Bahan asbes bersifat karsinogenik ketika masuk kedalam tubuh manusia. Debu asbes dapat masuk ke tubuh siapa saja khususnya saat melakukan pembersihan sistem pengereman. Ketika debu asbes mencemari udara, maka semua orang yang berada diarea tersebut berpotensi keracunan asbes. Sehingga bahan ini sudah tidak layak digunakan untuk material kampas rem, kampas kopling ataupun gasket. Faktanya, masih banyak produk aftermarket dilevel bawah yang masih menggunakan bahan asbes sebagai material pendukungnya pada hari ini.
  1. Bahan Organik: Adalah material kampas rem pertama yang terbuat dari beberapa campuran bahan organik. Jenis kampas ini dikenal dengan istilah NAO (Non Asbestos Organic). Yang menjadi bahan pengganti dari kampas rem bahan asbes. Kampas rem organik disusun dari bahan serbuk kaca, serat, kevlar, dan karbon. Jenis ini banyak digunakan sebagai kampas bawaan kendaraan dari pabrik nya (OEM), karena kampas rem organik memiliki daya gesek yang cukup baik dan lebih ramah lingkungan.
    faq-08

    Kelebihan bahan organik
    • Lembut & nyaman serta mudah mencengkram piringan rem.
    • Tidak memerlukan pemanasan untuk menghasilkan daya pengereman.
    • Cocok digunakan pada kondisi berkendara normal.

    Kekurangan bahan organik
    • Hanya sanggup bekerja maksimal pada range suhu temperature tertentu.
    • Lebih cepat aus jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.
    • Bersifat high compressed, sehingga menyebabkan efek lunak bila pedal rem diinjak.
    • Akan kehilangan daya gesekan saat suhu melebihi toleransi normal (overheat).
  1. Bahan Semi Metal: Jenis kampas rem semi metalic memiliki bahan besi dengan komposisi +/- 30 – 60%. Kampas rem jenis ini tersusun dari bahan tembaga, besi, yang dilapisi grafit sebagai pelumas. Kampas rem jenis ini memiliki kemampuan pendinginan yang cukup baik terhadap piring cakram / rotor dan cocok digunakan pada kondisi pengereman di kecepatan tinggi.
    faq-09

    Kelebihan bahan semi metalic
    • Memiliki daya pengereman dan tingkat ketahanan panas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis bahan organic.
    • Memiliki daya cengkram walaupun pada kondisi suhu dingin.

    Kekurangan kampas rem semi metalic
    • Lebih berisik dari pada kampas rem bahan organic.
    • Debu yang dihasilkan lebih banyak dan pekat.
    • Keras, sehingga berpotensi mengurangi ketebalan piring cakram.
    • Harga lebih tinggi dibandingkan tipe kampas bahan organic.
  1. Bahan Keramik: Bahan penyusun kampas rem keramik juga didukung dengan material seperti karbon, silikon dan serat tembaga. Jenis kampas rem keramik diciptakan untuk menggantikan kampas rem bahan semi metal yang cenderung memiliki suara kasar. Kampas rem jenis ini memiliki ketahanan panas yang cukup cukup baik dan debu yang dihasilkannya pun lebih sedikit.
    faq-10

    Kelebihan bahan keramik
    • Suara yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan bahan semi metal.
    • Debu yang dihasilkan tidak pekat (lebih cerah) dan lebih sedikit.
    • Memiliki umur pemakaian lebih panjang dibandingkan bahan semi metal / organik
    • Memiliki ketahanan suhu temperatur kerja diatas rata – rata.

    Kekurangan bahan keramik
    • Harga jualnya relative lebih mahal. (Jika murah, patut dipertanyakan, bahan ceramic tingkat apa yang digunakan??).
    • Memiliki kemampuan pendinginan lebih buruk dibandingkan bahan semi metal.
    • Daya cengkram tidak maksimal pada kondisi suhu dingin.
  1. Bahan Sintered Full Metal: Kampas rem sintered terbuat dari bahan bubuk besi, yang dicampur dengan material lainnya, seperti; Karbon & grafit. Bahan sintered memiliki performa yang baik walau pada kondisi suhu extreme sekalipun dan pada kondisi basah, kampas rem sintered juga mampu memberikan performa pengereman yang baik.
    faq-11

    Kelebihan bahan sintered
    • Cocok digunakan di segala kondisi berkendara.
    • Daya pengereman jauh lebih responsive.
    • Memiliki umur dan ketahanan paling tinggi dibandingkan bahan jenis lainnya.
    • Performanya tetap  maksimal di suhu temperatur tinggi.
    • Debu yang dihasilkan jauh lebih sedikit.

    Kekurangan bahan sintered
    • Harga kampas rem sinter dibandrol sangat mahal.
    • Hanya dipakai pada piringan dengan bahan berkualitas karena dapat mengikis cakram.
  • Bahan Ceramic Organic & Sinter Organic: Material Produk Elig sangat unik dan berbeda dengan produk yang beredar dipasaran, material friksi yang digunakan merupakan penggabungan bahan organic dengan ceramic dan organic dengan sinter untuk meminimalis kekurangan dari masing – masing bahan tersebut. Produk Elig terbuat dari bahan Ceramic Organic & Sinter Organic dengan struktur partikel jauh lebih halus dibandingkan dengan bahan ceramic biasa & juga bahan sintered pada umumnya.
    faq-12
    Bahan Ceramic Organic & Sinter Organic di formulasi khusus dengan Elig Friction Technology (EFT) yang tercipta dari hasil kaloborasi teknologi dari ketiga laboratorium riset Negara; Taiwan, Jepang & Amerika.

Produk Elig sangat unik dengan tingkat variabel berbeda: Standard (Premium), Sports, Racing. Setiap variable memiliki fungsi berbeda yang dirancang khusus, sesuai dengan kegunaannya untuk mendukung pengendara dan berbagai jenis kendaraan dengan spesifikasi berbeda.
faq-13

Apa Kelebihan Dari Produk Elig?
  • Material Ceramic organic & Sinter Organic 100 % – Non Asbestosyang mengacu kepada standar EU ROHS (Restriction of Hazardous Substances) dengan teknologi EFT.
  • Performa & kualitas pengereman jauh lebih baik dibandingkan dengan produk OEM / produk aftermarket dengan material lainnya.
  • Umur pemakaian produk Elig rata-rata jauh lebih awet (High Durability) dibandingkan dengan kampas rem pabrikan (OEM) dengan bahan organic / kampas rem aftermarket berbahan ceramic.
  • Titik pengereman jauh lebih dekat, responsif, tidak berisik & anti selip disegala cuaca.
  • Elig mampu memberikan daya cengkram maksimal diberbagai suhu temperatur kerja sehingga dapat selalu diandalkan di berbagai situasi dan kondisi ekstrem sekalipun.
  • Memperpanjang dan merawat komponen piring cakram / Disc Rotor.
  • Minim debu dan ramah lingkungan (ecofriendly formula).
  • Dimensi standar yang akurat sesuai dengan standar pabrikan (PNP – Plug & Play).
  • Memenuhi standar keamanan di dunia: E/e Mark, JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR.
  • Elig memiliki fasilitas produksi dengan standar ISO 9001 & TS 16949 serta didukung dengan fasilitas R&D yang dilengkapi dengan berbagai macam peralatan canggih untuk menghasilkan produk berkualitas di level global.
  • Memiliki standar kualitas yang telah diakui berbagai negara maju dunia, seperti: USA, Japan, Eropa, etc.

faq-14

Apakah ada efek negatif dengan menggunakan produk Elig, seperti makan piringan?

Sistem pengereman mengkonversi energi gerak menjadi energi panas yang dihasilkan dari gesekan cakram / tromol dengan kampas rem dan keausan akan timbul pada kedua material tersebut. Pada kinerja suatu sistem pengereman, gesekan tidak dapat dihindarkan sehingga harus mengorbankan salah satu komponen. Produk kampas rem Elig tidak makan piringan dan di rancang untuk memperpanjang umur piringan cakram / disc rotor. Tentunya mengganti piringan cakram jauh lebih mahal dibandingkan menganti kampas rem.

faq-15

Apakah ada garansi pemakaian & memerlukan perawatan?

Elig tidak memiliki garansi pemakaian & tidak memerlukan perawatan, tetapi konsumen tidak perlu merasa khawatir karena produk Elig telah memenuhi standar eropa EU ROHS dan telah memperoleh dan memenuhi berbagai standar keamanan didunia seperti: E/e Mark, JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR selain juga telah banyak digunakan diberbagai Industri Otomotif terkemuka di dunia.

faq-16

Apa Manfaat Dari Penggunakan Produk Elig ?
  • Performa pengereman berkualitas dapat selalu anda rasakan disetiap waktu dan dapat selalu anda andalkan diberbagai situasi dan kondisi di saat berkendara.
  • Produk Elig jauh lebih awet, 1 x instalasi dengan masa pakai lebih panjang, hemat waktu & biaya instalasi (safe time & maintenance).
  • Jika anda menggunakan produk Elig, maka anda secara otomatis ikut serta dalam  mengurangi pencemaran lingkungan, dikarenakan bahan yang digunakan mengandung formulasi ramah lingkungan (Eco friendly Formula) 100%  NON ASBESTOS.
  • Mendukung program langit biru pemerintahan.

faq-17

Bagaimana saya yakin produk Elig benar – benar bagus?

Produk Elig telah tersebar luas diberbagai Negara di dunia seperti; Jepang, Amerika, Australia, Vietnam, Malaysia, Iran, Singapore, Taiwan, dll. Setiap Negara maju memiliki standar kualitas tersendiri sebelum produk tertentu dapat dipasarkan di negaranya, sebut saja: Jepang, Amerika dan Negara – Negara di Eropa, negara maju tersebut sering dijadikan acuan untuk kualitas suatu produk dan Elig telah berhasil menembus pasar dari berbagai negara tersebut.  Jadi apa yang anda ragukan  lagi??

faq-18